Penyebab Tidak Lulus SNMPTN Yang Harus Kamu Ketahui

Penyebab Tidak Lulus SNMPTN Yang Harus Kamu Ketahui – Inilah penyebab – penyebab yang mengakibatkan tidak lulus SNMPTN di tiap tahun penyelenggaraan yang harus kamu hindari. Lakukan beberapa langkah berikut jika kamu ingin lulus dalam SNMPTN yang akan datang. Jarang disadari bahwa tahapan – tahapan yang kalian lakukan saat belajar disekolah akan sangat menentukan tingkat kesuksesan kalian untuk bisa lulus dalam SNMPTN. Hal ini sangat wajar karena di sekolah pun sebagian besar minim juga ada pembekalan mengenai persiapan SNMPTN.

Beberapa Faktor Penyebab Kalian Gagal Lulus SNMPTN

1. Suka Menunda Belajar

Inilah faktor penyebab kegagalan lulus SNMPTN yang paling mendasar. Kenapa paling mendasar ? karena jika kamu dari semester 1 hingga semester 5 suka menunda – nunda waktu belajar yang berakibat pada nilai raport yang kurang bagus maka bisa dipastikan peluangmu untuk bisa lulus dalam SNMPTN akan semakin kecil. Ingat dasar penilaian yang dipakai untuk SNMPTN adalah nilai raport dari semester 1 sampai semester 5. Maka dari itu, kejarlah untuk selalu bisa mendapatkan nilai yang terbaik di tiap semesternya agar bisa masuk pada jurusan – jurusan yang kamu idamkan.

Baca juga :  5 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Lulus SNMPTN Tahun Ini

2. Tidak Tahu Kemampuan Dasar Yang Kamu Miliki

Tanpa kamu sadari sebenarnya kemampuan dasar yang kamu miliki sudah tercermin dalam hasil raport ditiap semesternya. Jangan berharap masuk Jurusan Kedokteran jika nilai Biologi dan Kimiamu masih jelek. Atau jangan berharap masuk jurusan teknik jika nilai Matematika dan Fisikamu masih dibawah garis kemiskinan. Karena capaian nilai mata pelajaran tertentu sangat mempengaruhi terhadap pemilihan jurusan yang akan kamu ambil.

Baca Juga : Cara Mudah Lulus SBMPTN Kedokteran Yang Jarang Diketahui

3. Salah Memetakan Jurusan Yang Diambil

Memilih jurusan selalu menjadi momen utama pada setiap pelaksanaan seleksi masuk PTN melalui SNMPTN. Pemilihan jurusan ini harus kamu sesuaikan dengan kemampuan dasar (minat dan Bakat) yang kamu miliki. Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa jangan berharap bisa masuk Jurusan Teknik jika nilai Matematika dan Fisikamu ternyata kurang. Pilihlah urutan jurusan berdasarkan skala prioritas dan jangan asal – asalan. Urutkan dari grade jurusan maupun PTN dari yang tertinggi ke yang rendah.

4. Persaingan Yang Tidak Wajar

Pesaing terbesar dalam seleksi masuk PTN melalui SNMPTN adalah teman – temanmu dalam lingkup satu sekolah sendiri. Oleh karena itu analisa dengan baik dan gali informasi sebanyak – banyaknya tentang siapa saja temanmu yang menjadi pesaing besarmu dalam SNMPTN. Hati – hati dalam memilih pesaing jangan sampai dia pesaingmu adalah siswa dengan rentetan prestasi segudang yang justru akan menjadi boomerang buat kamu. Itu mah bunuh diri namanya ehehe… Analisa dan siapkan amunisi prestasi tandingan yang layak diperhitungkan agar bisa lebih baik dari dia dalam proses seleksi. Ingat teman yang disebut pesaing adalah mereka yang mengambil jurusan dan PTN yang sama dengan kamu, artinya jika jurusan yang kalian ambil sama namun beda PTN itu bukan pesaingmu.

Baca juga :  Fakta dan Mitos Passing Grade Jurusan dan PTN

5. Kurang Teliti Saat Mengisi Data

Baca secara detail persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam web resmi SNMPTN (www.snmptn.ac.id) karena beda tahun terdapat sedikit perbedaan persyaratan. Jangan sampai terjadi kesalahan karena kurang teliti dalam informasi persyaratan yang dibutuhkan. Jangan sampai gagal hanya karena upload foto yang tidak sesuai dengan persyaratan (kesalahan size dalam upload foto, warna background foto, foto selfie dll) atau karena masalah kecil yang sama sekali tidak kita duga. Jika ada yang kurang jelas tanya panitianya langsung melalui portal diskusi yang telah di sediakan dalam web resmi tersebut dan jangan mudah terbawa oleh berita – berita yang sumbernya tidak jelas. Buka mata dan telinga lebar – lebar karena beberapa saat panitia juga akan memberikan penjelasan – penjelasan yang dibutuhkan melalui media masa seperti koran dll.

Baca juga :  Inilah 10 PTN Terbaik di Indonesia Terbaru 2017

Itulah beberapa faktor penyebab tidak lulus SNMPTN yang berhasil mimin rangkum dengan harapan bisa membantu kalian untuk mempersiapkan diri lebih dini dalam mengikuti seleksi masuk PTN melalui jalur SNMPTN.

Download Penyebab Tidak Lulus SNMPTN Yang Harus Kamu Ketahui PDF

Terima kasih telah membaca artikel kita pada kesempatan kali ini dengan judul Penyebab Tidak Lulus SNMPTN Yang Harus Kamu Ketahui. Temukan topik – topik menarik lainnya dan tetap uptodate dengan artikel – artikel menarik lainnya dari kreatifmatematika.com dengan berlangganan artikel melalui kolom subscribe email di sidebar. Notifikasi artikel baru akan dikirim langsung ke email kalian. Jangan lupa untuk share artikel berjudul Penyebab Tidak Lulus SNMPTN Yang Harus Kamu Ketahui sehingga ilmu yang kita pelajari kali ini akan semakin bermanfaat bagi sesama. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,

19 thoughts on “Penyebab Tidak Lulus SNMPTN Yang Harus Kamu Ketahui

  1. Benar sekali itu. Sebaiknya kita harus tahu potensi diri kita dan tahu juga bagaimana ketatnya persaingan yang akan dihadapi. Sisanya ya cermat dan teliti saat pelaksanaannya. Jangan sampai gagal tes hanya karena memaksakan diri.

  2. Bukan dari akhir segalanya sih menurut ane gan,, hehe
    toh masih banyak kampus lain dan cara masuk yang lain jga,, hehhe

  3. Kalau sudah gak lulus mau gimana lagi coba? Ya tunggu tahun berikutnya saja tapi harus benar2 berusaha teliti dan belajar…..
    ?

  4. tidak melihat kemampuan diri jadi alasan juga gagal, biasa anak baru sering gengsi padahal dirinya tak mampu di jurusan yang ia pilih. Akibatnya ngga lulus dan harus nganggur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *